Perbedaan Antikoagulan K2 EDTA dan K3 EDTA

Berbagi
Print
Sebelumnya kita sudah mengenal apa itu antikoagulan, kemudian ada 2 jenis anti koagulan EDTA yang dipakai pada tabung vacutainer yaitu K2 EDTA atau Na2 EDTA dan K3 EDTA. Kemudian pakah perbedaan keduanya terhadap sel darah dan manakan yang di rekomendasikan, berikut beberapa perbedaannya.


 

Perbedaan fisik:
K2 EDTA berbentuk serbuk kering.
K3 EDTA berbentuk cair.
Perlu diketahui bahwa semua antikoagulan EDTA cara pemakaiannya harus dibolak balik 8-10 kali untuk memastikan bahwa darh dan antikoagulan tercampur sempurna.

Perbedaan klinis:
The International Council for Standardization in Haematology and NCCLS telah merekomendasikan K2 EDTA sebagai antikoagulan pilihan untuk menghitung sel darah dan ukuran, mengapa alasannya sebagai berikut:
  • K3 EDTA terjadi lebih banyak penyusutan dari RBC (Red Blood Cell) Sel darah merah dengan meningkatnya konsentrasi EDTA (11% penyusutan dengan perbandingan 7,5 mg/ml darah).
  • K3 EDTA meningkatan volume sel (1,6% kenaikan setelah 4 jam).
  • K3 EDTA menurunkan nilai MCV (Mean Corpuscular Volume) (biasanya perbedaannya -0.1 sampai -1.3% dibandingkan dengan K2 EDTA).
  • K3 EDTA adalah cairan aditif, karena itu akan mengakibatkan dilusi spesimen atau penurunan jumlah sampel.
  • Dalam pengukuran pemeriksaan Hb, RBC, WBC, dan jumlah trombosit telah diteliti 1-2% lebih rendah dari hasil yang diperoleh dengan K2 EDTA .
  • Dengan beberapa alat instrumen atau alat pemeriksaan hitung julah sel, K3 EDTA memberikan jumlah WBC lebih rendah bila digunakan pada konsentrasi tinggi. Brunson, et al., Mengatakan bahwa tabung plastik yang berisi K2 EDTA memberikan hitung darah lengkap dengan hasil yang sangat baik dibandingkan dengan tabung kaca yang berisi K3 EDTA, meskipun mereka menegaskan hasil sebelumnya 1-2% lebih tinggi WBC, RBC, hemoglobin, dan hasil jumlah trombosit, karena pengenceran dengan K3 EDTA.
  • Studi internal dari BD menunjukkan perbedaan tidak signifikan secara klinis ketika membandingkan K3 EDTA untuk tabung kaca dan K2 EDTA tabung plastik.
Note jika teman ATLM mempunyai referensi atau tambahan dan koreksi tentang perbedaan Antikoagulan K2 EDTA dan K3 EDTA bisa berikan komentarnya.

Sumber : https://www.bd.com/vacutainer/pdfs/techtalk/TechTalk_May2002_VS5998.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar