Belajar Pengenceran Pipet Thoma Hemocytometer

Berbagi
Print
Pipet Thoma merupakah salah satu instrumentasi dalam paket set Hemocitomater. Terdapat 2 dua macam pipet thoma dengan dibedakan pada butir kaca dalam pipet.

Untuk pipet thoma yang butiranya berwarna merah merupakan pipet thoma untuk eritrosit sedangkan berwarna putih adalah pipet thoma untuk leukosit.

Selain pada butiran kacanya pada angka pengenceran juga berbeda pada ujungnya untuk warna merah berakhir dengan angka "101" sedangkan warna putih "11". Namun angka-angka itu bukan merupakan volume yang mutlak melainkan perbandingan volume yang terpenting adalah pengenceran darah yang terjadi dalam pipet tersebut.

Sekarang dimulai dari pipet eritrosit jika memipet darah sampai angka 0,5 dan reagen pengencer sampai angka 101 maka pengencerannya dalah 200 kali. Jika memipet darah sampai angka 1 dan reagen pengencer sampai angka 101 maka pengenceranya dalah 100 kali.

Sedangkan pada pipet leukosit jika memipet darah sampai 0,5 dan reagen pengencer sampai 11 maka pengencerannya dalah 20 kali. Jika memipet darah samapai angka 1 dan reagen pengencer sampai angka 11 maka pengenceranya adalah 10 kali.

Gambar ilustrasi pengenceran pipet thoma.


Sumber : Gandasoebrata, Penuntun Laboratorium Klinik, Dian Rakyat, Jakarta,1968

Tidak ada komentar:

Posting Komentar