Pengecatan Preparat Apusan Dengan Giemsa

Berbagi
Print
Pengecatan Giemsa merupakan pengecatan rutin yang dilakukan di laboratorium hematologi untuk memeriksa morfologi sel-sel darah merah maupun sel darah putih untuk menghitung jenis-jenis sel darah putih (diffcount) dan melihat adanya kelainan morfologi sel.
Pengecatan giemsa bisa kita beli dalam betuk jadi dalam keaddan yang sudah menjadi larutan. Selain itu kita juga bisa membuatnya sendiri dari bahan-bahan reagen serbuk dan cair khusus untuk pembuatan pengecatan hematologi.

Bahan-bahan untuk pembuatan reagen giemsa stock yang pertama Azur II-eosin 3 gram, Azur II 0,8 gram, Glycerin 250 ml, Metanol 250 ml. Sebelum diapakai larutan stock diencerkan 20 kali dilarutankan dengan buffer atau aquadest dengan pH 6,4 dengan perbandingan 1 tetes giemsa stock dan 1 ml larutan buffer pH 6,4, jika sudah diencerkan maka giemsa hanya boleh dipakai selama 24 jam saja jika lebih dari itu maka larutan giemsa yang sudah di encerkan tersebut sudah rusak.

Prosedur pewarnaan giemsa pertama letakkan sediaan yang akan di cat di atas rak dengan lapisan darah keatas. Kemudian lakukan fiksasi dengan larutan methanol biarkan sampai kering. Genangi dengan larutan car giemsa yang diencerkan 1:9, 1 bagian geimsa dan 9 bagian buffer fosfat, biarkan selama 15-20 menit. Setelah itu cuci dengan air mengalir dan biarkan kering angin pada posisi vertikal atau miring. Preparat siap untuk pembacaan di mikroskop dengan perbesaran kuat.

Gambar ilustrasi pengecatan giemsa


Sumber :
Gandasoebrata, Penuntun Laboratorium Klinik, Dian Rakyat, Jakarta,1968
Riswanto, Pemeriksaan Laboratorium Hematologi, Alfamedia & Kanal Medika, Yogyakarta, 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar