Pengecatan Preparat Apusan Dengan Wright

Berbagi
Print
Pengecatan wright meruapakn sala satu pengecatan apusan darah selain pengecatan giemsa. Pengecatan wright juga untuk memeriksa morfologi sel-sel darah merah maupun sel darah putih dan untuk menghitung jenis-jenis sel darah putih (diffcount). Pengecatan wright bisa didapat dalam bentuk serbuk atau dalam bentuk cairan siap pakai.

Untuk yang bentuk serbuk harus dilarutkan dengan metanol 60 ml untuk 0,1 gram serbuk wright. Setelah dilarutkan disimpan dalam botol berwanrna dan baru bisa dipakai setelah penyimpanan 10 hari, dan setiap hari isi dalam botol harus di kocok. Untuk penyimpanan harus dari uap atau basa dan tutup botol harus rapat agar tidak kemasukkan hawa lembab.

Selain menyiapkan cat wright kita juga harus membuat larutan penyangga atau buffer dengan pH 6,4. Larutan buffer dibuat dengan kalium fosfat primer (KH2PO4.0aq) 6,63 gram; natriumfosfat sekunder (na2HPO4.0aq) 2,56 gram; kemudian ad aquadest sebanyak 1000 ml. Jika tidak ada buffer bisa menggantinya dengan air suling yang lebih murah namun pH tetap 6,4 jika lebih tinggi atau rendah kita bisa memakai larutan kaliumkarbonat 1% (basa) dan asam hidricorida 1% (asam) untuk menitrasi tetes demi tetes dengan indikator bromthymolbule (larut dalam air 0,04%) sampai warna berubah menjadi hijau.

Prosedur Pewarnaan Wright, jika sudah mempunyai cat wright dan sediaan apus kita mulai pengecatan dengan meletakkan sediaan apus diatas rak pengecatan dengan lapisan darahnya diatas. Kemudian genangi dengan larutan cat wright sekitar 20 tetes selama 2 menit. Setelah itu genangi dengan larutan buffer fosfat pH 6,4 selama 15-20 menit (untuk waktu ini di kira-kira saja karena ada juga yang menggunakan waktu sekitar 1- 12 menit tergantung sediaan apus darah nya, apakah tebal, tipis, pendek dll). Jika waktu sudah cukup cuci dengan air mengalir (air suling) dan biarkan kering angin pada posisi vertikal atau miring.

Gambar ilustrasi Pengecatan wright


Pengecatan wright sudah mengandung larutan methanol dalam kosentrasi tinggi jadi tidak perlu fiksasi sebelum pewarnaan. Kemudian jika kita memebeli larutan atau cat wright dalam keadaan cair maka bacalah cara pemakaiannya. Pewarnaan wright ini tidak bertahan lama akan pudar atau memucat setelah beberapa tahun namun jika di cat lagi dengan pengecatan giemsa sedianan akan tahan lebih lama.

Sumber :
Gandasoebrata, Penuntun Laboratorium Klinik, Dian Rakyat, Jakarta,1968
Riswanto, Pemeriksaan Laboratorium Hematologi, Alfamedia & Kanal Medika, Yogyakarta, 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar