Cara Streak Suspensi Bakteri Pada Media Plate

Berbagi
Print
Streak adalah teknik inokulasi khusus ini digunakan untuk mengisolasi koloni murni dari spesies mikroba tunggal. Sampel diperoleh dari koloni murni yang dihasilkan kemudian dapat tumbuh di piring baru sehingga organisme dapat diidentifikasi, dipelajari, atau morfologi koloni dapat dianalisis.
Streak bakteri merupakan langkah yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan koloni yang terpisah maka dari itu metode streak yang baik dan benar perlu dilakukan. Berikut ini adalah pembahasan prosedur streak yang baik,

Pertama siapkan alat dan bahan, media agar pada cawan petri atau plate, ose mata, bunsen, suspensi bakteri atau sampel yang akan di inokulasi. Pertama buatlah 3 zona pada bagian bawah cawan petri media plate tersebut setelah itu ambil ose mata dan panaskan pada bunsen sampai kawat ose berubah menjadi warna merah tujuannya untuk menyeterikan ose tersebut, kemudian dinginkan jangan terlalu panas jika sudah tidak terlalu panas ambil sedikit suspensi dengan menggunakan ose mata yang sudah dipanskan tadi ingat jangan terlalu banyak mengambil suspensi bakteri agar tidak terlalu banyak ketuk-ketukan ose mata pada dinding tabung suspensi.

Kemudian ambilah media plate yang sudah di beri zona tadi, dan goreslah ose mata yang terdapat suspensi pada zona 1 dengan posisi tertidur langkah selanutnya panaskan ose lagi seperti yang sudah dijelaskan tadi dan goreskan ose pada zona 2 dengan mengambil goresan pada zona1 lebih jelasnya lihat gambar. Seteh itu panaskan ose kembali dinginkan kemudian gores pada zona 3 dengan mengambil goresan suspensi pada zona 2. Jika sudah panaskan ose dan letakkan pada meja kerja. lanhkan pengoersan sudah selesai kemudian inkubasi cawan petri di bawah kondisi pertumbuhan yang tepat. Dengan teknik ini kemungkinan mendapatkan terpisahnya koloni lebih besar.


Sumber : American Type Culture Collection (ATCC), 2015, Introduction to Microbiology

Tidak ada komentar:

Posting Komentar