Pemeriksaan Calcium Urin Cara Sulkowitch

Berbagi
Print
Pemeriksaan calcium urin cara Sulkowitch merupakan salah satu pemeriksaan urin khusus. untuk pemeriksaan ini diperlukan urin 24 jam dan penderita tidak dibolehkan makan yang mengadung kalsium. Pmeriksaan ini berguna untuk kelainan faal gl. parathyreoidea dan gangguan bolismus calcium pada umumnya.
Sedangkan untuk pemeriksaan ini yaitu reagen akan mengendapkan kalsium dalam bentuk calciumoxalat tanpa calciumfosfat dengan pH reagen.

Sebelum memulai tentunya harus menyiapkan alat dan bahannya yaitu tabung reaksi ukuran 16 x 150 mm, reagen Sulkowitch cara membuatnya asam oxalat 2,5 gram, amoniumoxalat 2,5 gram, asam acetat glacial 5 ml dan aquadest ad 150 ml.

Prosedur pemeriksaan calcium cara sulkowitch pertama masukkan masing-masing 3 ml urin kedalam 2 tabung reaksi berukuran 16 x 150 mm, untuk tabung kedua hanya sebagai kontrol. Pada tabung pertama tambahkan 3 ml reagen sulkowitch kemudian homogenkan atau campur setelah itu diamkan selama 2 - 3 menit, bacalah hasil secara smikuantitatif.

Negatif - : tidak terjadi kekeruhan
Positif + atau 1+ : terjadi kekeruhan yang halus
Positif ++ atau 2+ : kekeruhan sedang
Positif +++ atau 3+ : kekeruhan agak berat yang timbul dalam waktu kurang dari 20 detik
Positif ++++ atau 4+ : kekeruhan berat yang terjadi seketika

Gambar ilustrasi prosedur Pemeriksaan Calcium Urin Cara Sulkowitch


Catatan : Jika hasil pada pemeriksaan menunjukkan positif 1+ berarti hasil masih merupakan negatif karena hasil itu dikaitkan hypocalcemia yang kurang dari 7,5 mg%. Pada hypercalcemia (hyperparathyteoidie) exkresi calcium bertambah besar dan hasil test ini menjadi 3+ atau 4+.

Sumber : Sumber : Gandasoebrata, Penuntun Laboratorium Klinik, Dian Rakyat, Jakarta,1968

Tidak ada komentar:

Posting Komentar