Pembuatan Preparat Permanen Larva Nyamuk Metode Cepat - Rapid Method

Berbagi
Print

Pendahuluan


Pembuatan preparat permanen metode cepat (Rapid Method) untuk larva nyamuk. Seperti yang kita ketahui larva nyamuk merupakan serangga bertubuh lunak dan sebenarnya ada beberapa metode pemasangan yang umum digunakan untuk pembuatan preparat permanen. Namun beberapa metode pasti ada kerungian dan keuntungannya masing-masing. Sebuah metode telah dikembangkan oleh Middlekauff (1944) metode tersebut menghilangkan beberapa kerugian dibandingkan beberapa metode lain yang sebelumnya telah terapkan. Berikut prosedur pembuatan preparat permanen larva nyamuk.

Larva nyamuk dibunuh dalam air panas dan kemudian dimasukkan dalam larutan etil alkohol dengan konsentrasi 70-75% selama 10-15 menit. Lama waktu dalam larutan etil alkohol dapat dipersingkat sedikit jika pada larva nyamuk dilubangi atau ditusuk di beberapa tempat dengan jarum runcing yang berukuran kecil.

Sampel larva nyamuk selanjutnya dimasukkan dalam larutan alkohol 95% selama 3-5 menit setelah itu masukkan dalam larutan alkohol absolut selama kurang lebih 5 detik.

Kemudian setelah masuk dalam larutan alkohol absolut larva nyamuk dipindahkan dalam larutan creosote atau minyak cengkeh sampai spesimen cukup bersih (clearing). Dalam kasus spesimen yang sangat halus, minyak cengkeh harus diencerkan dengan alkohol absolut dalam jumlah yang sama sebelum ditempatkan dalam minyak cengkeh yang tidak diencerkan. Lama waktu prendaman sampel larva dalam minyak cengkeh akan bervariasi tetapi umumnya hanya beberapa menit.

Pada larutan minyak cengkeh bisa langsung memasukkan beberapa larva nyamuk secara bersamaan namun jika ada yang sudah terlihat bersih atau transparan maka larva tersebut dikelurkan dalam larutan terlebih dahulu. Jika proses tersebut selesai letakkan larva nyamuk pada slide kaca yang bersih (objeck glass), sisa minyak cengkeh dihilangkan dengan berhati-hati agar tidak menyentuh larva.

Kemudian ditutup larva nyamuk dengan balsam Kanada, diorientasikan dengan benar dan barulah tutup dengan deck glass atau kaca penutup. Biarkan beberapa hari agar cadana balsam mengeras. Metode terbaru dari pembuatan preparat serangga kecil akan kami terbitakan di artikel berikutnya.

Ilustrasi

Pustaka


  1. Middlekauff, W. W.,1944. A Rapid Method For Making Permanent MountsS Of Mosquito Larvae. Science, 99(2567), 206–206. doi:10.1126/science.99.2567.206.

Kerjakan Soal Kuis Untuk Mengetahui Sampaimana Pemahaman Anda

Aturan Dalam Kuis ini
1. Anda hanya memiliki waktu 15 detik untuk setiap pertanyaan.
2. Setelah Anda memilih jawaban, tidak dapat diurungkan.
3. Anda tidak dapat memilih opsi apa pun setelah waktu habis.
4. Anda tidak dapat keluar dari Kuis saat sedang bermain.
5. Anda akan mendapatkan poin berdasarkan jawaban yang benar.
Pilihlah jawaban yang benar!
Sisa Waktu
15
Anda telah menyelesaikan Kuis!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar